Friday, July 18, 2014

Rosebud

Headscarf : Dian Pelangi
Cardigan : ZARA kids
Skirt : Dian Pelangi
Bag : Hermes
Location : Around Merlion Park, Singapore







DYE

Headscarf : Dian Pelangi
Top : ZARA
Pants : Bamboo Blonde
Location : Little India, Singapore




Friday, July 11, 2014

Keep Beauty and Fresh During Ramadan



Assalamualaikum sister and brother all over the world ,

Tak terasa sudah hampir memasuki pekan ketiga Ramadan, bagaimana dengan puasanya? semoga semakin semangat beribadah dan melakukan  target kebaikan lainnya ya dear :)

Hmm, ada yang dalam menjalani puasa  ngerasa lemah letih lesu loyo dan padam ?hihi.

Berpuasa bukan berarti aktivitas kita jadi berkurang dari hari biasanya ya dear, justru kegiatan sosial, aktivitas ibadah, belum lagi undangan ke majelis atau buka buka bersama yang padat akan memenuhi agenda kita selama Ramadan.  Jadi kita harus selalu semangat dan fresh agar dapat mengikuti ritme kepadatan jadwal selama Ramadan.

Nah, supaya bisa selalu fresh dan tampil cantik, aku mau share beberapa tips.. walaupun agak-agak telat dikit momentnya gapapa yaa..

Pertama, Don’t skip suhoor. Banyak yang masih malas untuk bangun dan makan sahur, akhirnya di siang hari terasa lemas, tidak berenergi dan ngantuk. Sebaiknya jangan yaa.. di dalam sahur itu ada banyak kebaikan dan manfaat. 

Dari Anas bin Malik radhiallahu‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makanlah sahur karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.”
[HR Al Bukhari (1923) dan Muslim (1095)]

Dengan makan sahur, kita jadi memiliki asupan dan cadangan energi untuk melakukan aktivitas selama berpuasa.  Selain itu, kita jadi terbiasa bangun lebih awal yang bertepatan dengan sepertiga malam terakhir, nah sekalian qiyamul lail dan berdoa ya dear kan waktu sepertiga malam terakhir itu sangat mustajab :)

Kedua, minum air putih yang banyak disaat sahur maupun berbuka puasa. 

Ini klise sih, tapi percaya deh, minum air putih efektif menjaga kita agar selalu fresh seharian loh.

Setiap hari, tubuh kita kehilangan air kurang lebih sebanyak 2 liter bersamaan dengan aktivitas yang penuh. Karena itu, air yang hilang itu juga harus diganti dengan meminum 2 liter air atau 8 gelas perhari.  Ini kata ahli gizi loh, hihi. Nah, selama bulan puasa, 8 gelas tersebut bisa dengan cara meminum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 3-4 gelas saat makan malam atau menjelang tidur,  dan 2 gelas saat makan sahur.

Ketiga, Berolahraga. 

APA? Jangankan olahraga, ngerjain kerjaan rumah aja lemes, hehe.

Siapa bilang puasa-puasa haram untuk olahraga?  justru dengan berolahraga tubuh kita jadi semakin fit dan segar. Tapi pilih olahraga yang ringan ya dear, jangan pilih lari 10K atau aerobik  5 jam. Pilih juga waktu-waktu yang mendekati waktu berbuka, misal 20 menit sebelum berbuka. Olahraganya juga bisa berupa jogging ringan, jangan lupa tetap melakukan pemanasan dan pendingan.  Saat waktu berbuka tiba, segera berbuka dan jangan ditunda, sehingga kehilangan energi selama berolahraga dapat segera tergantikan.

Keempat, tidur dan istirahat yang cukup

Ramadan memang bulan yang penuh berkah dan memiliki banyak keutamaan sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan dan target-target ibadahnya. Tapi ingat untuk tetap selalu seimbang ya cantik, karena tubuh kita juga memiliki hak untuk sehat. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, kita dapat senantiasa melakukan aktivitas dan kewajiban dengan maksimal.  Tidur yang cukup dapat menjaga agar kita berenergi  selama seharian. Kalau kita kekurangan tidur, selain jadi lemas, ngantuk, kulit akan menjadi kusam dan wajah jadi tidak segar. Gak mau kan? so, abis terawih dan makan malam, jangan terlalu larut ya tidurnya.

Kelima,  gunakan pelembab

Saat berpuasa, kulit kita cendrung menjadi kering, terutama yang lingkungan kerjanya full ac. Agar tetap lembab dan tidak terlihat kusam, gunakan juga pelembab di kulit yang terkena langsung cahaya matahari seperti wajah.  I reccomend  Wardah moisturizer cream, because the texture is so soft and fastly absorbed to our skin. Kulit juga jadi lembab dan kenyal, dan yang paling penting sih halal.. :)

Keenam, pilih menu sahur dan berbuka yang seimbang

Perawatan dari luar`dengan pelembab saja  tak cukup,  asupan dari dalam juga harus mendukung.  Usahakan mengkonsumsi  banyak sayur dan buah karena vitamin dan cadangan airnya memberikan manfaat yang besar untuk tubuh kita. Apabila ingin lebih sempurna lagi, ada baiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mati. Suplemen antioksidan alami bisa dengan mengkonsumi buah-buahan seperti stroberi, kiwi, plum dan blueberry saat makan sahur.

Untuk pilihan makanan saat berbuka, usahakan jangan langsung makan berat ya dear.. karena perut dan lambung beristirahat selama seharian. Jadi kalau langsung makan berat, lambung akan kaget dan bekerja dua kali lipat. Akibatnya, jadi enggak konsen saat terawih karena ngantuk deh.. hihi.

Makanan saat berbuka disarankan sih yang manis. Eits, tapi manis seperti apa dulu nih... kita ikutan pola makan Rasulullah aja deh ya.. 


Dan dari Anas ra ia berkata,

يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَ تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُتْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ.

artinya, “Rasulullah berbuka dengan beberapa butir ruthab (kurma basah yang baru masak) sebelum sholat maghrib, bila tidak ada (beliau) berbuka dengan beberapa butir tamer (kurma kering), kalau tidak ada (beliau) minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Dawud)



Nah, jadi makanan manis ideal saat berbuka yaitu kurma. Kandungan gula dalam Tamer (kurma kering)  dapat mencapai 75%, protein 20% dan sekitar 3% adalah lemak dan minyak loh.. selain kurma, makanan manis alami lainnya seperti jus buah dapat memulihkan asupan energi yang hilang dari gula. Makan malamnya gimana? nah makan malamnya diusahakan ditunda dulu hingga ba'da maghrib atau Isya mungkin ya dear.. jadi lambung punya cukup waktu untuk penyesuaian terlebih dahulu. 

Ok deh, sekian tips yang bisa kubagikan supaya tetap fresh dan cantik meskipun sedang berpuasa. Semoga bermanfaat yaa..

Selamat menjalankan ibadah puasa brothers and sisters,
Wishing you all a wonderful Ramadan :)